PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANJARAN KOKAP KULON PROGO

Kurniawan, Hardian Akbar (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANJARAN KOKAP KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Hardian Akbar Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan metode Role Playing pada siswa kelas III SD Negeri Banjaran, Kokap, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Banjaran Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengamati aktifitas siswa saat pembelajaran serta aktivitas guru dalam proses pembelajaran IPS menggunakan metode Role Playing. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil belajar kognitif dan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas III di SD N Banjaran, Kokap, Kulon Progo dapat ditingkatkan menggunakan metode Role Playing. Penggunaan metode tersebut harus memperhatikan langkah-langkahnya yaitu pemanasan, memilih siswa yang akan berperan, menyiapkan penonton, mengatur panggung, permainan, diskusi dan evaluasi, permainan berukutnya, diskusi lebih lanjut, dan generalisasi. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa peningkatan dari pratindakan sebesar 20% meningkat pada siklus I menjadi 30%. Pada siklus II meningkat menjadi 90%. Pada aspek afektif siswa mengalami peningkatan yaitu dari kondisi pratindakan yang kurang, siklus I meningkat menjadi baik dan siklus II meningkat menjadi sangat baik. Kata kunci : Hasil belajar IPS, metode Role Playing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Dec 2016 00:54
Last Modified: 30 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44254

Actions (login required)

View Item View Item