PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KOMPETENSI STATISTIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Wulandari, Wulandari and Retnawati, Heri (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KOMPETENSI STATISTIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan Problem Based Learning pada kompetensi statistika SMP kelas VII serta mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.5 SMP Negeri 5 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran terdiri dari lembar penilaian RPP dan LKS untuk menilai kevalidannya, angket respon guru untuk menilai kepraktisan RPP, angket respon siswa untuk menilai kepraktisan LKS, lembar observasi untuk menilai keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar siswa untuk menilai keefektifannya. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh rata-rata skor kevalidan RPP yaitu 4,11 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi baik (x > 4,2) dan rata-rata skor kevalidan LKS yaitu 4,01 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi baik (x > 4,2). Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata-rata skor respon siswa sebesar 3 dari skor masimal 4 dengan klasifikasi baik( ̅ ) dan rata-rata skor respon guru sebesar 3,01 dari skor maksimal 4 dengan klasifikasi baik ( ̅ ) serta hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Selain itu, kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek kefektifan memperoleh kriteria efektif. Hal tersebut terlihat dari perolehan rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 93,5 dan persentasi ketuntasan siswa sebesar 100%. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Kompetensi Statistika, Prestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44250

Actions (login required)

View Item View Item