Miftah Faturochman, Miftah (2016) PENGARUH KECEMASAN BERTANDING TERHADAP PEAK PERFORMANCE ATLET SOFTBALL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Miftah F_12104241051.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan mengenai kecemasan bertanding yang terjadi pada atlet softball UNY. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan bertanding terhadap peak performance pada atlet softball Universitas Negeri Yogyakarta Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi sebab-akibat. Subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sejumlah 34 atlet. Instrumen yang digunakan adalah skala kecemasan bertanding dan skala peak perfomance. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi melalui expert judgement, Sedangkan realibilitas menggunakan formula Alpha Cronbach dengan koefisien alpha sebesar 0,974 pada skala kecemasan bertanding dan 0,986 pada skala peak performance. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan SPSS versi 21.00 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara kecemasan bertanding terhadap peak performance (koefisien regresi sebesar -0,758 dan nilai signifikasi sebesar 0,000). Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat kecemasan bertanding maka semakin rendah tingkat peak performance pada atlet. Kontribusi yang diberikan kecemasan bertanding terhadap peak performance sebesar 46,3% sedangkan 53,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : kecemasan bertanding, peak performance, atlet softball
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 08:36 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44241 |
Actions (login required)
View Item |