PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP SELF RESILIENCE SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Pandu Prapanca, Pandu (2016) PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP SELF RESILIENCE SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP SELF RESILIENCE SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

SMA N 2 Karanganyar memiliki berbagai kegiatan keagamaan, tetapi beberapa siswa masih menunjukkan kenakalan. Hal tersebut diduga siswa belum memunculkan resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas terhadap self resilience. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Sampel penelitian adalah siswa kelas X berjumlah 143 siswa yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Alat pengumpul data berupa skala religiusitas dan skala resiliensi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan uji expert judgment. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Metode analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linear. Hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh religiusitas terhadap resiliensi, ditunjukkan dengan nilai signifikasi (p=0,000). Persamaan garis linearnya adalah Y= 72,287 + 0,659 X. Sumbangan efektif yang diberikan variabel religiusitas terhadap resiliensi sebesar 15,6%. Kata kunci : resiliensi, religiusitas, siswa SMA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Dec 2016 08:28
Last Modified: 30 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44240

Actions (login required)

View Item View Item