KEEFEKTIFAN PROSEDUR MEMBACA TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN MUNTILAN

Puspita Dewi, Prabanayu (2013) KEEFEKTIFAN PROSEDUR MEMBACA TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN MUNTILAN. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Prabanayu Puspita Dewi_08201244015.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN PROSEDUR MEMBACA TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN MUNTILAN oleh Prabanayu Puspita Dewi NIM 08201244015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan membaca antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan Prosedur Membaca Terbimbing dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan Prosedur Membaca Terbimbing pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Muntilan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan Prosedur Membaca Terbimbing dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri di Kecamatan Muntilan sebanyak 3 sekolah. Penentuan sampel sekolah dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh sekolah SMP Negeri 2 Muntilan untuk tempat penelitian. Penentuan sampel kelas menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil undian ditetapkan kelas VIID sebagai kelas kontrol dan kelas VIIE sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh dengan menggunakan tes membaca pemahaman berdasarkan Taksonomi Barret. Validitas instrumen berupa validitas isi untuk mengetahui seberapa isi instrumen telah mencerminkan isi yang ditetapkan. Validitas konstruk dilakukan dengan mengkonsultasikan isi instrumen kepada ahlinya (Expert Judgement). Reliabilitas instrumen dihitung dengan teknik KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test dengan taraf kesalahan 0,05. Hasil pengujian prasyaratan analisis menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis Uji-t data posttest keterampilan membaca pemahaman kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung sebesar 4,535, p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan Prosedur Membaca Terbimbing dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan Prosedur Membaca Terbimbing pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Muntilan. Berdasarkan hasil Uji-t dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung 3,646, p sebesar 0,001 (p < 0,05) (berbeda secara signifikan), kenaikan skor rerata kelompok kontrol sebesar 2,22, sedangkan kenaikan skor rerata kelompok eksperimen sebesar 4,38. Berdasarkan perbedaan kenaikan skor rerata kelompok eksperimen yang lebih besar dari kelompok kontrol, menunjukkan bahwa Prosedur Membaca Terbimbing lebih efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman dibandingkan tanpa menggunakan Prosedur Membaca Terbimbing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PROSEDUR MEMBACA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:24
Last Modified: 30 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44232

Actions (login required)

View Item View Item