PENGARUH VARIASI pH DAN TEKNIK INKUBASI TERHADAP PERTUMBUHAN FUNGI MIKORIZA HASIL ISOLASI DARI AKAR ANGGREK Dendrobium mutabile

Astuti, Rini Kusuma (2016) PENGARUH VARIASI pH DAN TEKNIK INKUBASI TERHADAP PERTUMBUHAN FUNGI MIKORIZA HASIL ISOLASI DARI AKAR ANGGREK Dendrobium mutabile. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
RINI KUSUMA ASTUTI.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh variasi pH dan teknik inkubasi terhadap pertumbuhan fungi mikoriza Trichoderma sp hasil isolasi dari akar anggrek Dendrobium mutabile (2) pH dan teknik inkubasi yang menunjukkan pertumbuhan fungimikoriza Trichoderma sp hasil isolasi dari akar anggrek Dendrobium mutabile terbaik. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimental, menggunakan variasi pH dan teknik inkubasi. Media pertumbuhan fungi yang digunakan adalah Potato Dextrose Broth (PDB) dengan variasi pH (5, 7, dan 9). Teknik inkubasi yang digunakan adalah tanpa penggoyangan (statik) dan dengan penggoyangan pada kecepatan 150 rpm. Setiap perlakuan diulang sebanyak3 kali. Pertumbuhan fungi mikoriza diukur berdasarkan berat kering miselium yang ditimbang setiap 24 jam selama 168 jam. Pertumbuhan fungi mikoriza pada variasi pH dan teknik inkubasi menunjukkan hasil berbeda. Media pertumbuhan dengan pH 5 dan teknik inkubasi penggoyangan menghasilkan pertumbuhan fungi terbaik yang ditandai dengan dihasilkannya berat tertinggi (0,46 gram) pada lama inkubasi 96 jam. Berat miselium paling rendah (0,09 gram) dihasilkan pada pH 7 dengan teknik inkubasi statik. Kata kunci: fungi mikoriza, variasi pH, teknik inkubasi, pertumbuhan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 05 Dec 2016 08:37
Last Modified: 30 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44228

Actions (login required)

View Item View Item