PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PEMBUATAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Afririo, Enanda (2016) PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PEMBUATAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
afririo enanda_15.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya peningkatan motivasi dan prestasi belajar teknologi mekanik menggunakan metode pemberian tugas pembuatan mind mapping di SMK N 2 Klaten. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur perencanaan-tindakan-observasi-refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 2 Klaten dengan subyek penelitian adalah 35 siswa pada kelas X Teknik Pengecoran Logam. Metode pengumpulan data menggunakan angket motivasi, Lembar observasi dan soal ujian. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgment expert). Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan sudah layak dan dinyatakan sudah valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian meliputi pelaksanaan pembelajaran teknologi mekanik dilaksanakan melalui tahap perencanaan yang dilakukan peneliti berkolaborasi dengan guru, tahap tindakan, guru melakukan pembelajaran teknologi mekanik menggunakan pendekatan scientific learning sesuai kurikulum yang berlaku, dilanjutkan memberikan tugas kepada siswa untuk membuat mind mapping sesuai dengan pemahamaan siswa pada materi yang sudah diberikan dan pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran, selanjutnya tahap refleksi yakni dilakukan perbaikan untuk tindakan siklus berikutnya, sehingga pembelajaran teknologi mekanik akan berjalan lebih baik, Peningkatan motivasi dapat dilihat dari rata-rata motivasi siswa, setelah dikenai tindakan pertama sebanyak 1 siswa dengan motivasi sangat rendah, 25 siswa dengan motivasi rendah, dan 9 siswa dengan motivasi tinggi. Setelah tindakan siklus II sebanyak 18 siswa dengan motivasi rendah dan 17 siswa dengan motivasi tinggi. Setelah tindakan siklus III sebanyak 28 siswa dengan motivasi tinggi dan 7 siswa dengan motivasi sangat tinggi. Setelah tindakan siklus IV sebanyak 26 siswa dengan motivasi tinggi dan 9 siswa dengan motivasi sangat tinggi, Peningkatan prestasi dapat dilihat dalam peningkatan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu setelah dikenai tindakan I pada siklus I hanya 31% (11 siswa) yang sudah memenuhi KKM, setelah dikenai tindakan pada siklus II pencapaian KKM siswa meningkat menjadi 82,2% (29 siswa), setelah tindakan pada siklus III pencapaian KKM siswa meningkat 100% (seluruh siswa) sudah memenuhi KKM, setelah tindakan pada siklus IV pencapaian KKM siswa meningkat 100% (seluruh siswa) sudah memenuhi KKM. Uraian diatas menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas pembuatan mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar teknologi mekanik. Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar, metode penugasan, mind mapping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 05 Dec 2016 08:35
Last Modified: 30 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44220

Actions (login required)

View Item View Item