PERKEMBANGAN SEMBADRA DILARUNG (PAKEM BALUNGAN) KE SEMBADRA LARUNG (PAKEM JANGKEP) : ANALISIS PERBANDINGAN ALUR DAN PENOKOHAN

Murniati, Eni (2012) PERKEMBANGAN SEMBADRA DILARUNG (PAKEM BALUNGAN) KE SEMBADRA LARUNG (PAKEM JANGKEP) : ANALISIS PERBANDINGAN ALUR DAN PENOKOHAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eni Murniati 08205241075.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan cerita Sembadra Dilarung yang disajikan dalam bentuk pakem balungan ke Sembadra Larung yang disajikan dalam bentuk pakem jangkep. Guna mengetahui ada tidaknya perkembangan tersebut digunakan metode sastra bandingan. Penelitian ini mendeskripsikan perbandingan alur dan penokohan dalam Sembadra Larung dan Sembadra Dilarung. Subjek penelitian ini adalah Serat Pakem Ringgit Purwa Lampahan Sembadra Dilarung koleksi perpustakaan Sonobudoyo dan Serat Tuntunan Tjaking Pakeliran Ringgit Purwa Lampahan Sembadra Larung karangan Kodiron, yang dikaji menggunakan studi sastra bandingan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Data dianalisis menggunakan analisis data secara etik. Pemeriksaan keabsahan data dan hasil penelitian dilakukan dengan validitas semantis dan konsultasi dengan para ahli. Uji reliabilitas (ketetapan data) dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) terdapat persamaan dan perbedaan alur cerita dalam Sembadra Dilarung dan Sembadra Larung. Persamaan yang terjadi adalah kedua cerita tersebut sama-sama mengikuti konvensi alur atau urutan adegan gagrag Surakarta, adapun perbedaannya meliputi ada tidaknya suatu adegan tertentu, urutan kejadian, dan perbedaan peristiwa, (2) terdapat persamaan dan perbedaan penokohan. Persamaan dikarenakan adanya konvensi perwatakan tokoh dalam wayang sedangkan perbedaannya mencakup segi kelengkapan penyajian watak tokoh serta ada tidaknya tokoh tertentu, (3) dilihat jumlah perbedaan yang jauh lebih banyak dibandingkan persamaannya, maka dapat disimpulkan bahwa Sembadra Larung bukan merupakan perkembangan dari Sembadra Dilarung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perkembangan, sembadra dilarung, sembadra larung, perbandingan, alur, penokohan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 05 Dec 2016 01:38
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44207

Actions (login required)

View Item View Item