Pembinaan Guru Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Cilacap dalam Implementasi Kurikulum 2013

Umi Mufliatun, Faidah (2016) Pembinaan Guru Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Cilacap dalam Implementasi Kurikulum 2013. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
_Umi Mufliatun faidah_15.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembinaan Guru Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Cilacap dalam Implementasi Kurikulum 2013 Oleh: Umi Mufliatun Faidah 10501241010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pembinaan guru Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan (PKTK) SMK di Kabupaten Cilacap, meliputi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Penilaian Kinerja Guru (PKG), dan sertifikasi; (2) profesionalisme guru, meliputi kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional; dan (3) Implementasi Kurikulum 2013, meliputi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran produktif PKTK dari 4 SMK se Kabupaten Cilacap dengan jumlah keseluruhan subyek penelitian sebanyak 18 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pembinaan guru PKTK-SMK secara keseluruhan diperoleh rerata 62,50 termasuk dalam kategori baik, terdiri atas PKB guru PKTK-SMK diperoleh rerata 27,94 termasuk dalam kategori baik, PKG guru PKTK-SMK diperoleh rerata 23,67 termasuk dalam kategori baik, dan sertifikasi guru PKTK-SMK diperoleh rerata 10,89 termasuk dalam kategori baik. (2) Profesionalisme guru PKTK-SMK secara keseluruhan diperoleh rerata 44,39 termasuk dalam kategori baik, terdiri atas kompetensi pedagogik guru PKTKSMK diperoleh rerata 17,72 termasuk dalam kategori baik, dan kompetensi profesional guru PKTK-SMK diperoleh rerata 26,67 termasuk dalam kategori amat baik. (3) Implementasi Kurikulum 2013 pada guru PKTK-SMK secara keseluruhan diperoleh rerata 48,83 termasuk dalam kategori amat baik, terdiri atas pembelajaran yang diterapkan guru PKTK-SMK diperoleh rerata 30,22 termasuk dalam kategori amat baik, dan penilaian hasil belajar yang diterapkan guru PKTK-SMK diperoleh rerata 18,61 termasuk dalam kategori baik. Kata kunci: pembinaan, PKB, PKG, sertifikasi, profesionalisme, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 05 Dec 2016 08:26
Last Modified: 30 Jan 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44203

Actions (login required)

View Item View Item