LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Kurnia Puspita Anggraeni, Kurnia Puspita Anggraeni (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakuklikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan keterampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan Bimbingan dan Konseling yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan Bimbingan di sekolah yang profesional. Program PPL dilaksanakan dari tanggal 02 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2104. Selama PPL, praktikan melaksanakan berbagai program layanan BK yang bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan psikologis peserta didik. Pada kenyataannya kegiatan yang dilaksanakan sesuai rencana. Pelaksanaan layanan BK beberapa kali pada jam olahraga karena sudah tidak ada lagi jam khusus BK, jam istirahat, dan sepulang sekolah. Layanan yang diberikan selama PPL disusun berdasarkan kebutuhan peserta didik sehingga mampu mengoptimalkan kemampuan, perkembangan dan potensi peserta didik. Selain itu, program PPL merupakan sarana praktikan untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat selama mengikuti kuliah dalam kehidupan nyata di sekolah. Sehingga diharapkan praktikan yang telah melaksanakan PPL memiliki keterampilan sebagai guru BK, tenaga pendidik, mapun konselor sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Dec 2016 00:05
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44199

Actions (login required)

View Item View Item