LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

REZI FAUZIAH PURNAMA FITRI, REZI FAUZIAH PURNAMA FITRI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk menyiapkan mahasiswa menjadi seorang pendidik. Sebelum melakukan PPL setiap mahasiswa harus melakukan obeservasi atau pengamatan di kelas tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar yang akan dijadikan sasaran pelaksanaan PPL. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai keadaan lokasi pelaksanaan PPL, baik potensi maupun kekurangan yang dimiliki sehingga setiap mahasiswa dapat merencanakan program PPL yang sesuai dengan lokasi tersebut. Berdasarkan hasil observasi tersebut penyusun merencanakan program PPL yang meliputi: persiapan PPL, persiapan dan pembuatan RPP PPL, persiapan dan pembuatan media pembelajaran, praktek mengajar, serta evaluasi. Semua rancangan program tersebut secara garis besar berhasil dilaksanakan. PPL UNY semester khusus tahun 2014 yang berlokasi di SMA Negeri 11 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 2 Juli - 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 6 mahasiswa dari 3 program studi, yaitu Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, dan Bimbingan Konseling Praktek. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 9 Agustus sampai dengan 15 September 2014, dilakukan sebanyak total 11 kali pertemuan di kelas X IIS 1 dan X IIS 2. Pokok bahasan yang diajarkan untuk kelas X meliputi pengertian ilmu ekonomi, pembagian ilmu ekonomi, prinsip ekonomi, motif ekonomi, tindakan ekonomi, kelangkaan, pilihan, biaya peluang, masalah pokok ekonomi, sistem ekonomi, dan cara mengatasi masalah ekonomi mikro. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak kali pertemuan dan persekolahan, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMA Negeri 11 Yogyakarta rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang baik. Dalam mewujudkan output yang baik, pihak sekolah menjalankan lembaganya secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, melengkapi sarana dan prasarana dan tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Dec 2016 23:42
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44194

Actions (login required)

View Item View Item