KEEFEKTIFAN MEDIA FILM BISU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MAOS KABUPATEN CILACAP

Ambarwati, Esti (2012) KEEFEKTIFAN MEDIA FILM BISU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MAOS KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Esti Ambarwati_07201241017.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN MEDIA FILM BISU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 MAOS KABUPATEN CILACAP Oleh Esti Ambarwati NIM 07201241017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan menulis naskah drama antara siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran film bisu dengan siswa yang diajar secara konvensional, (2) menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran film bisu dalam peningkatan kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Maos. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan desain penelitian kelompok kontrol nonekuivalen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Maos. Sampel penelitian yaitu XI IPS1 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelak kontrol dan kelas XI IPS2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa dalam menulis naskah drama. Tes dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal yang diukur dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis naskah drama siswa, maka data yang diteliti akan berupa hasil tes menulis drama siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t. Hasil Penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor tes akhir antara kelas yang menggunakan media pembelajaran film bisu dengan kelas yang diajar secara konvensional. Perlakuan yang berbeda antara kedua kelas tersebut menyebabkan adanya perbedaan tingkat kemampuan menulis naskah drama siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil uji-t skor tes akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menunjukkan bahwa nilai th sebesar 2.673 db 62 dengan nilai p sebesar 0,010 yang lebih kecil dari nilai 0,050 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Dengan demikian, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 02 Dec 2016 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44180

Actions (login required)

View Item View Item