PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SESORAH DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Prabowo, Candra Wisnuaji (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SESORAH DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Candra Wisnuaji Prabowo 08205244048.pdf

Download (45MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran bahasa Jawa dengan materi sesorah ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media interaktif pembelajaran sesorah untuk siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama; (2) mengetahui kelayakan media interaktif pembelajaran sesorah tersebut; (3) menguraikan kualitas media pembelajaran sesorah; (4) menguraikan penilaian guru bahasa Jawa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media interaktif pembelajaran sesorah dengan menggunakan software Adobe Flash CS 5 Professional. Tujuan lain dari pengembangan media pembelajaran ini, yaitu untuk menambah alternatif media pembelajaran bahasa Jawa, khususnya untuk materi pembelajaran sesorah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan dengan lima tahap yaitu (1) tahap analisis; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap validasi dan ujicoba; (5) tahap akhir produk. Produk media ini diuji kelayakan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media. Setelah dilakukan revisi, maka dinyatakan layak. Tahap selanjutnya dilakukan penilaian oleh guru bahasa Jawa dan dilakukan ujicoba kepada siswa kelas IX-D SMP N 14 Yogyakarta, yang terdiri dari 32 siswa yang diakhiri dengan mengerjakan evaluasi untuk mengetahui KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) siswa terhadap materi sesorah dalam media interaktif pembelajaran. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis deskriptif untuk mengetahui kelayakan media interaktif pembelajaran sesorah untuk siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penilaian kualitas media pembelajaran oleh dosen ahli materi yang terdiri dari 2 aspek penilaian dengan 20 indikator memperoleh rata-rata persentase nilai 75% termasuk ke dalam kategori baik; (2) penilaian kualitas media oleh dosen ahli media yang terdiri dari 2 aspek penilaian memperoleh rata-rata persentase nilai 87.3% termasuk ke dalam kategori sangat baik; (3) penilaian guru bahasa Jawa yang terdiri dari 2 aspek penilaian memperoleh persentase nilai rata-rata 82% termasuk ke dalam kategori sangat baik; (4) hasil angket tanggapan siswa terhadap media pembelajaran sesorah memperoleh rata-rata persentase nilai sebesar 84,5% berarti siswa sangat setuju dengan penggunaan media. Persentase siswa dalam mengerjakan evaluasi sebesar 86% mencapai KKM, dapat dikatakan bahwa media yang dikembangkan dapat menarik minat siswa dan membantu dalam memahami dan mengungkapkan kembali materi sesorah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, sesorah, adobe flash
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 02 Dec 2016 02:52
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44178

Actions (login required)

View Item View Item