SISTEM INFORMASI OPERATOR LAYANAN INTERNET MAHASISWA UNY BERBASIS WEBSITE DILENGKAPI DENGAN SMS GATEWAY

Aswiya, Tika Asnay and Waryanto, Nur Hadi (2016) SISTEM INFORMASI OPERATOR LAYANAN INTERNET MAHASISWA UNY BERBASIS WEBSITE DILENGKAPI DENGAN SMS GATEWAY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)

Abstract

Layanan Internet Mahasiswa UNY (LIMUNY) merupakan salah satu badan usaha di bawah naungan Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha di Universitas Negeri Yogyakarta yang bergerak di bidang pelayanan jasa informasi khususnya internet. Salah satu masalah yang terjadi pada sistem administrasi operator LIMUNY adalah informasi yang berkaitan dengan operator hanya dapat diakses terbatas di lingkungan LIMUNY dan masih bersifat manual. Informasi tersebut meliputi jadwal shift, gaji, poin pelanggaran, dan masalah presensi. Gaji operator dan poin bisa diakses pada mesin presensi di LIMUNY. Namun, kadang terjadi masalah yang mengakibatkan data tidak terekam dalam sistem. Jadi, operator harus menyesuaikan antara slip gaji pada mesin presensi dengan jadwal otentik. Hal ini sangat tidak efisien dan menyulitkan karena pendataan jadwal yang masih manual dan susah terbaca. Maka muncul gagasan membangun sistem informasi berbasis website yang dilengkapi dengan SMS Gateway guna memfasilitasi operator dalam memperoleh informasi dengan lebih efisien. Sistem Informasi Operator LIMUNY dikembangkan dengan menggunakan model Waterfall yang mencakup software requirements analysis, design, code generation, testing. Prosedur yang terlibat dalam Sistem Infomasi Operator LIMUNY adalah prosedur input jadwal, prosedur pertukaran jadwal, prosedur input formulir permasalahan presensi, prosedur input data kinerja. Sistem Informasi Operator LIMUNY memilik lima hak akses, yaitu admin, koordinator SDM, koordinator HW dan SC, operator, dan manajer dengan 18 menu. Hasil implementasi perancangan sistem diuji menggunakan faktor-faktor McCall. Hasil dari pengujian diperoleh bahwa Sistem Informasi Operator LIMUNY memenuhi kebutuhan user, menampilkan informasi sesuai dengan input pengguna, aman dari pihak yang tidak berwenang, serta tampilanya menarik dan mudah digunakan. Kata Kunci: sistem informasi, limuny, website, sms gateway

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 05 Dec 2016 08:34
Last Modified: 30 Jan 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44175

Actions (login required)

View Item View Item