Widyastuti, Dwi (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF PADA KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII MTS MASLAKUL HUDA KECAMATAN SLUKE KABUPATEN REMBANG. S1 thesis, FBS UNY.
|
Text
Dwi Widyastuti_08201241021.pdf Download (25MB) | Preview |
Abstract
KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF PADA KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII MTS MASLAKUL HUDA KECAMATAN SLUKE KABUPATEN REMBANG oleh Dwi Widyastuti NIM 08201241021 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis naskah drama, antara kelompok yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kreatifproduktif dan kelompok yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran kreatifproduktif di kelas VIII MTs Maslakul Huda Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang, (2) menguji kefektifan strategi pembelajaran kreatif-produktif dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII MTs Maslakul Huda Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Maslakul Huda Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, ditetapkan kelas VIII A sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yang berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi yang disusun berdasarkan kurikulum SMP/MTs. Reliabilitas instrumen dihitung dengan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan, posttest kedua kelompok diperoleh th sebesar 8,354, dengan db=58 dan p sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5%, pretest dan posttest kelompok kontrol diperoleh th sebesar 0,538 dengan db=29 dan p sebesar 0,594, sedangkan pretest dan posttest pada kelompok eksperimen diperoleh th sebesar 8,398 dengan db=29 dan p sebesar 0,000. Simpulan penelitian ini adalah (1) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII MTs Maslakul Huda Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kreatif-produktif dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran kreatif-produktif; (2) pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif-produktif bagi kelas VIII MTs Maslakul Huda Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis naskah drama tanpa strategi pembelajaran kreatif-produktif. Kata-kata kunci: keefektifan, strategi pembelajaran, kreatif-produktif, menulis naskah drama, siswa MTs.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | keefektifan, strategi pembelajaran, kreatif-produktif, menulis naskah drama, siswa MTs. |
| Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
| Date Deposited: | 02 Dec 2016 02:30 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 12:02 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
