ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN PADA KARANGAN SISWA KELAS VII SMP N 2 DEPOK

Nur Prawisti, Dian (2012) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN PADA KARANGAN SISWA KELAS VII SMP N 2 DEPOK. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Dian Nur Prawisti_05201244047.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN PADA KARANGAN SISWA KELAS VII SMP N 2 DEPOK oleh Dian Nur Prawisti NIM 05201244047 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis penelitian kesalahan pemakaian huruf kapital pada karangan siswa kelas VII SMP N 2 Depok. Jenis penelitian penulisan kata depan pada karangan siswa kelas VII SMP N 2 Depok dan jenis penelitian pemakaian tanda baca pada karangan siswa kelas VII SMP N 2 Depok. Sumber data dalam penelitian ini adalah kesalahan pemakaian huruf kapital, kesalahan penulisan kata, dan kesalahan pemakaian tanda baca. Data penelitian ini berjumlah 36 karangan siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik membaca dan mencatat, sedang instrument pengumpulan data dengan menggunakan (human instrumen), yaitu peneliti sendiri. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data di peroleh dengan cara intrarater dan intereter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan ejaan pada karangan siswa kelas VII SMP N 2 Depok di temukan sebanyak 575 kasus kesalahan yang terdiri atas (1) kesalahan pemakaian huruf kapital sebanyak 397 kasus kesalahan yang terdiri atas kesalahan pemakaian pada awal kalimat sebanyak 188 kasus kesalahan, kesalahan pemakaian nama Tuhan sebanyak 3 kasus kesalahan, kesalahan pemakaian nama tempat sebanyak 112 kasus kesalahan, kesalahan pemakaian nama orang sebanyak 54 kasus kesalahan, kesalahan pemakaian nama bangsa dan suku bangsa sebanyak 9 kasus kesalahan, kesalahan pemakaian judul karangan sebanyak 3 kasus kesalahan, dan kesalahan pemakaian nama penunjuk kekerabatan sebanyak 28 kasus kesalahan, (2) kesalahan penulisan kata depan di, ke,dan dari sebanyak 94 kasus kesalahan yang terdiri atas a. kesalahan penulisan kata di sebanyak 89 kasus kesalahan, b. kesalahan penulisan kata ke sebanyak 5 kasus kesalahan, c. kesalahan penulisan dari tidak di temukan, dan (3) kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 84 kasus kesalahan yang terdiri atas kesalahan pemakaian tanda titik (.) sebanyak 21 kasus kesalahan, kesalahan pemakaian tanda koma (,) sebanyak 32 kasus kesalahan, kesalahan pemakaian tanda titik dua (:) sebanyak 11 kasus kesalahan, kesalahan pemakaian tanda petik (“…”) sebanyak 6 kasus kesalahan, kesalahan pemakaian tanda hubung (-) sebanyak 12 kasus kesalahan, kesalahan pemakaian tanda tanya (?) sebanyak 2 kasus kesalahan, dan pemakaian tanda seru (!) tidak di temukan. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang paling banyak dan sering terjadi yaitu kesalahan pemakaian huruf kapital sebanyak 397 kasus kesalahan dan kesalahan yang paling sedikit di temukan yaitu kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 84 kasus kesalahan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 02 Dec 2016 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44171

Actions (login required)

View Item View Item