KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI 3W2H DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA

Pravdhani Elhaq, Dhian (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI 3W2H DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Dhian Pravdhani Elhaq_08201244062.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIVAN PENGGUNAAN STRATEGI 3W2H DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA oleh Dhian Pravdhani Elhaq NIM 08201244062 ABSTRAK Penelitian dengan judul “Keefektivan Penggunaan strategi 3W2H dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta” bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi antara pembelajaran menulis puisi yang menggunakan Strategi 3W2H dengan media gambar dan pembelajaran menulis puisi yang tidak menggunakan strategi 3W2H aplikasi dengan media gambar pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Strategi 3W2H dengan media gambar dalam meningkatkan kemampuan menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretestt-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan Strategi 3W2H dengan aplikasi media gambar dan kemampuan menulis puisi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Sampel penelitian adalah kelas VIIB dan VIID. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai reliabilitas 0,854 yang lebih besar dari koefisien 05 Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor posttest menulis kreatif puisi siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok kontrol terdapat 6 siswa yang mendapat skor rendah, 29 siswa mendapat skor sedang, dan 2 siswa mendapat skor tinggi. Pada kelompok eksperimen terdapat 2 siswa yang mendapat skor rendah, 18 siswa mendapat skor sedang, dan 15 siswa mendapat skor tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis kreatif puisi yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan thitung sebesar 2.007 dengan df 35 dan ttabel 0.13 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media gambar peristiwa efektif digunakan pada pembelajaran menulis puisi karena nilai thitung < -ttabel (-2.007 < - 0.13). Berdasarkan hasil tersebut, maka media gambar peristiwa efektif digunakan pada pembelajaran menulis puisi di kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Kata kunci: keefektifan, strategi 3W2H beserta media gambar, pembelajaran menulis kreatif puisi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi 3W2H beserta media gambar, pembelajaran menulis kreatif puisi.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 02 Dec 2016 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44168

Actions (login required)

View Item View Item