PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA BERBAHASA JAWA KRAMA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI ANAK DIDIK USIA DINI DI PAUD PUSPA INDAH DEPOK PANJATAN KULON PROGO

Prastika, Putri (2012) PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA BERBAHASA JAWA KRAMA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI ANAK DIDIK USIA DINI DI PAUD PUSPA INDAH DEPOK PANJATAN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Putri Prastika 08205241032.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara berbahasa Jawa ragam krama anak didik usia dini di PAUD Puspa Indah yang berlokasi di Desa Depok, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitian ini adalah siswa PAUD Puspa Indah dengan jumlah 19 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Siklus pertama terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 3 kali pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus, perencanaan siklus I didasarkan pada studi pendahuluan, pelaksanaan penelitian dilakukan di kelas dengan menggunakan media gambar berseri untuk berlatih berbicara dengan menggunakan bahasa Jawa krama, observasi dilakukan untuk melihat aktivitas belajar dan memberi pretest sebelum penelitian. Perencanaan siklus II disusun berdasarkan refleksi siklus I, pelaksanaan penelitian di kelas tetap menggunakan media gambar berseri dan pemberian hadiah / reward bagi siswa yang mau berbicara di depan kelas. Observasi dilaksanakan untuk merekam data aktivitas dan prestasi belajar selama penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik análisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses, hasil, dan demokratis. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa PAUD Puspa Indah. Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya minat siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa. Selain itu dapat dilihat dari peningkatan nilai keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa pada setiap siklus yaitu; sebelum tindakan (pra siklus) nilai rata-rata kemampuan berbicara bahasa Jawa krama siswa 57,6, siklus I nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa meningkat menjadi 62,4, dan siklus II nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa meningkat lagi menjadi 69,4 dan telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal, yaitu 65 yang ditentukan oleh pihak sekolah. Nilai siswa didapatkan dengan melalui tes berbicara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, berbicara, krama, media gambar berseri
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 02 Dec 2016 02:09
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44167

Actions (login required)

View Item View Item