VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Nugrahani A, Dhany (2012) VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Dhany Nugrahani Arifah_05201241035.pdf

Download (59MB) | Preview

Abstract

VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA Oleh Dhany Nugrahani Arifah NIM 05201241035 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk bahasa variasi bahasa yang digunakan oleh guru dan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan bentuk-bentuk variasi bahasanya dan fungsi bahasa dalam interaksi pembelajaran pada siswa tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah tuturan bahasa yang digunakan guru. Objek penelitian ini adalah variasi bahasa yang digunakan guru dalam pembelajaran, meliputi penggunaan bentuk-bentuk bahasa variasi bahasa yang digunakan oleh guru dan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan bentuk-bentuk variasi bahasanya dan fungsi bahasa yang digunakan. Data diperoleh dengan metode simak dan wawancara, dengan teknik lanjutan dari metode simak meliputi: teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode analisis data menggunakan metode padan dan agih. Keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunaan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bentuk variasi bahasa yang digunakan guru dalam interaksi belajar mengajar adalah ragam resmi, usaha, santai dan akrab.usaha. Dari keempat ragam tersebut ragam usaha merupakan ragam yang paling dominan digunakan karena merupakan rgam yang paling operasional. Ragam santai menjadi pilihan kedua karena digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang komunikatif dan akrab. (2) Faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan bentuk bahasa adalah situasi, topik pembicaraan, dan maksud. (3) Fungsi bahasa yang digunakan dalam interaksi pembelajaran pada siswa tunagrahita adalah fungsi instrumental, representasional, interaksional, personal, heuristik dan imajinatif. Fungsi bahasa yang paling sering digunakan adalah fungsi instrumental. Fungsi heuristik yang menjadi fungsi terbanyak digunakan setelah fungsi instrumental selaras dengan metode komunikasi guru yang cenderung bersifat tanya jawab

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: VARIASI BAHASA, TUNAGRAHITA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 02 Dec 2016 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44165

Actions (login required)

View Item View Item