PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA KRISTEN 1 MAGELANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING

Leon Karlos, Brian (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA KRISTEN 1 MAGELANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Brian Leno Karlos_07201244010.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA KRISTEN 1 MAGELANG DENGAN MENGGUNAKANMETODE QUANTUM LEARNING oleh Brian Leon Karlos NIM 07201244010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan penulisan puisi melalui quantum learning siswa kelas X SMA Kristen 1 Magelang Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kristen 1 Magelang pada tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi / pengamatan, angket, wawancara, catatan lapangan, tes dan nontes, dokumentasi, dan analisis dokumen. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi sebelum dan sesudah implementasi tindakan. Keabsahan data diperoleh melalui validitas isi dengan cara expert judgment dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kualitas proses dan kualitas hasil dalam pembelajaran menulis puisi melalui quantum learning siswa kelas X SMA Kristen 1 Magelang Tahun pelajaran 2011/2012. Peningkatan kualitas proses terefleksi dari hasil pengamatan proses pembelajaran dari sebelum diterapkannya quantum learning hingga pelaksanaan siklus 2 dengan mengamati beberapa aspek, yaitu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, kenyamanan suasana dalam proses pembelajaran, pengaruh situasi lingkungan pembelajaran terhadap minat belahar siswa, siswa merasa senang dalam proses pembelajaran, pengaruh guru dalam memberikan pengantar materi kepada siswa, pengaruh guru dalam menanamkan pengetahuan kepada siswa, dan pengaruh unsur perayaan dalam memantik semangat siswa untuk terus belajar. Kesemua aspek yang diamati pada akhir penelitian memperlihatkan kecenderungan positif karena dari kategori rendah meningkat menjadi kategori tinggi. Peningkatan kualitas hasil terefleksi dari meningkatnya nilai rata-rata menulis puisi siswa sebelum dan sesudah tindakan. Kemampuan rata-rata siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 57,44 dan setelah diberi tindakan selama dua kali siklus, yaitu pada siklus 1 nilai rata-rata naik menjadi 66,32 dan pada siklus 2 nilai rata-rata menjadi 77,74. Hal ini menunjukkan bahwa telah tumbuh sikap positif dalam diri siswa sehingga kemampuan menulis puisi mulai meningkat. Peningkatan kemampuan menulis puisi meningkat sebesar 26,11%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: QUANTUM LEARNING
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 02 Dec 2016 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44163

Actions (login required)

View Item View Item