UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS I SD NEGERI KIYARAN 2 CANGKRINGAN SLEMAN

Nurcahyowati, Pamungkas Sari Dhian (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS I SD NEGERI KIYARAN 2 CANGKRINGAN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Pamungkas Sari Dhian Nurcahyowati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis permulaan menggunakan media objek langsung dan (2) meningkatkan hasil kemampuan menulis permulaan menggunakan media objek langsung siswa kelas I SD Negeri Kiyaran 2 Cangkringan Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Kiyaran 2 Cangkringan Sleman tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 21 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) tes dan (2) observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran menulis permulaan menggunakan media objek langsung dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis permulaan. Peningkatan dapat dilihat dari skor observasi aktivitas siswa pada prasiklus yaitu 34,37 menjadi 55,20 pada siklus I, sehingga mengalami peningkatan sebesar 20,83. Siklus I yaitu 55,20 menjadi 80,20, sehingga mengalami peningkatan sebesar 25. Penggunaan media objek langsung dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis permulaan siswa. Peningkatan dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan menulis permulaan siswa pada prasiklus yaitu 59,91 menjadi 68,19 pada siklus I, sehingga mengalami peningkatan sebesar 8,38. Nilai rata-rata kemampuan menulis permulaan siswa pada siklus I yaitu 68,19 menjadi 81,81 pada siklus II, sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,62. Kata Kunci: kemampuan menulis permulaan, media objek langsung, siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Dec 2016 08:34
Last Modified: 30 Jan 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44125

Actions (login required)

View Item View Item