PENGARUH KETRAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS IV KECAMATAN PENGASIH

Setiyoko, Setiyoko (2016) PENGARUH KETRAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS IV KECAMATAN PENGASIH. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Setiyoko.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketrampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SD gugus IV Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD gugus IV Kecamatan Pengasih, kabupaten Kulon Progo, tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 84 siswa. Variabel yang diteliti yaitu ketrampilan membaca pemahaman (Variabel X) dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika (Variabel Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian yang diolah menggunakan uji regresi sederhana menunjukan bahwa ketrampilan membaca pemahaman berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika hal ini ditunjukan dengan nilai sig kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 dengan persamaan regresi y = 0,773 + 0,904x. Sehingga hipotesis diterima bahwa terdapat pengaruh signifikan ketrampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SD gugus IV Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Ketrampilan Membaca Pemahaman, Soal Cerita Matematika, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Dec 2016 08:25
Last Modified: 30 Jan 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44124

Actions (login required)

View Item View Item