KEEFEKTIFAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR DALAM MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KETANGGUNGAN BREBES

Wintang Palupi, Anindha (2012) KEEFEKTIFAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR DALAM MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KETANGGUNGAN BREBES. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Anindha Wintang Palupi_08210244055.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR DALAM MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KETANGGUNGAN BREBES oleh Anindha Wintang Palupi NIM 08201244055 ABSTRAK Penelitian dengan judul “Keefektifan Model Induktif Kata Bergambar dalam Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes” bertujuan (1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi antara siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran induktif kata bergambar dan tanpa menggunakan model pembelajaran induktif kata bergambar, (2) membuktikan keefektifan model induktif kata bergambar dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini antara lain variabel bebas yaitu penggunaan model induktif kata bergambar dan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII C dan VIII D. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan tes menulis puisi. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach, hasil perhitungan menunjukkan reliabitas sebesar 0.619 yang lebih besar dari koefisien 0.60 dan teknik analisis data yang digunakan merupakan uji-t. Hasil penelitian berdasarkan uji-t menunjukkan adanya perbedaan skor posttest kelompok eksperimen dan kontrol. Hal tersebut dapat diketahui dari besarnya t.hitung (th) sebesar 3.113, dengan df 34 pada taraf signifikansi 5% diperoleh t.tabel (tb) sebesar 1.990. Nilai th dalam perhitungan tersebut lebih kecil dibandingkan dengan t.tb dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukan bahwa t.hitung < t.tabel (3.113< 1.990). Berdasarkan hasil tersebut, maka penggunaan model induktif kata bergambar efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes. Kata kunci: keefektifan, model induktif kata bergambar, pembelajaran menulis puisi, siswa SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model induktif kata bergambar, pembelajaran menulis puisi, siswa SMP.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 01 Dec 2016 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44115

Actions (login required)

View Item View Item