Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru IPA di SMP Negeri Kabupaten Wonosobo

Tiyanto, Truko (2011) Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru IPA di SMP Negeri Kabupaten Wonosobo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-truko-tiyanto-08703254011.swf

Download (909kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sertifikasi guru terhadap kinerja guru IPA di SMP Negeri Kabupaten Wonosobo setahun sesudah sertifikasi, ditinjau dari aspek pelaksanaan pembelajaran, prestasi akademik dan pengembangan profesi. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri yang ada di Kabupaten Wonosobo. Subyek penelitian adalah guru IPA yang telah lulus sertifikasi pada tahun 2006, 2007 dan 2008 dengan jumlah 25 orang. Subyek yang memberikan penilaian terhadap kinerja guru IPA yaitu pengawas sebanyak 5 orang untuk aspek pelaksanaan pembelajaran dan peneliti untuk aspek prestasi akademik dan pengembangan profesi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Data dari hasil penilaian yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif pada semua aspek. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa rerata kinerja guru IPA di SMP Negeri Kabupaten Wonosobo setahun sebelum sertifikasi dan setahun setelah sertifikasi dalam pelaksanaan pembelajaran adalah 60 dan 65, prestasi akademik adalah 15,84 dan 14,92, pengembangan profesi adalah 10 dan 11. Artinya ada dampak positif sertifikasi guru pada peningkatan kinerja guru IPA pada aspek pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan profesi, tetapi dampaknya terhadap kinerja guru belum maksimal. Buktinya, kinerja guru IPA dalam pelaksanaan pembelajaran dan profesi akademik setahun sesudah sertifikasi ada yang masih seperti kinerja setahun sebelum sertifikasi dan bahkan ada guru IPA kinerjanya menurun. Tidak ada dampak positif sertifikasi terhadap kinerja guru IPA di SMP Negeri Kabupaten Wonosobo dalam prestasi akademik guru. Hal ini terbukti dengan turunnya rerata nilai prestasi akademik setahun sesudah sertifikasi bila dibandingkan dengan rerata nilai pengembangan profesi setahun sebelum sertifikasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sertifikasi guru, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2016 04:04
Last Modified: 29 Jan 2019 08:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44112

Actions (login required)

View Item View Item