PENGARUH KARAKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KARAKTERISTIK PELANGGAN-MEREK TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK PADA PRODUK LAYANAN JASA BERBASIS TEKNOLOGI (Studi Kasus Merek Go-Ride pada PT. Go-jek Indonesia di Yogyakarta)

Lailly, Yolanda Fitra (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KARAKTERISTIK PELANGGAN-MEREK TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK PADA PRODUK LAYANAN JASA BERBASIS TEKNOLOGI (Studi Kasus Merek Go-Ride pada PT. Go-jek Indonesia di Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
YolandaFitraLailly_12808141049.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kepercayaan pelanggan pada merek memberikan kontribusi pada intensi pelanggan untuk membeli kembali merek yang sama dimasa yang akan datang dan intensi mereka untuk merekomendasikan merek tersebut pada orang lain (Tjahyadi, 2006). Menurut Lau dan Lee (1999) terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kepercayaan merek, ketiga faktor tersebut adalah karakeristik merek, karakteristik perusahaan dan karaksteristik pelanggan-merek. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa Go-ride di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 224 responden. Alat ukur terbukti valid dan reliabel untuk instrumen penelitian. Analisis regresi berganda digunakan untuk uji hipotesis penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap karakteristik merek terhadap kepercayaan merek, dibuktikan dengan nilai (β) 0,301 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan karakteristik perusahaan dengan kepercayaan merek dibuktikan dengan nilai (β) 0,018 dan nilai signifikansi 0,641 > 0,05. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap karakteristik pelanggan – merek terhadap kepercayaan merek dibuktikan dengan nilai (β) 0,109 dan nilai signifikansi 0.000 < 0,05 (4) karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik pelanggan – merek secra simultan berpengaruh terhadap kepercayaan merek dibuktikan dengan level signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), dan nilai Adjusted R squared dari karakteristik merek, karakteristik perusahaann dan karakteristik pelanggan - merek terhadap kepercayaan merek Go-Ride di Yogyakarta sebesar 0,595.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 05 Dec 2016 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44111

Actions (login required)

View Item View Item