PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN HIDANGAN PENUTUP (DESSERT) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI JASA BOGA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Ririn, Ristiani (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN HIDANGAN PENUTUP (DESSERT) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI JASA BOGA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Ririn Ristiani 14.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengembangkan modul pengolahan dan penyajian hidangan penutup (dessert) untuk kelas XI Jasa Boga di SMK Negeri 6 Yogyakarta, 2) mengetahui kelayakan modul pengolahan dan penyajian hidangan penutup (dessert) untuk kelas XI Jasa Boga di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D). Pengembangan modul pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model 4D yang dikembangkan Thiagarajan : Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan Penyebarluasan (Determinate). Langkah proses penelitian ini, yaitu : 1) analisis Kebutuhan, 2) perancangan produk awal, 3) validasi produk oleh ahli materi dan ahli media, 4) revisi produk, 5) uji coba skala kecil 9 peserta didik kelas XI JB 2, 6) revisi produk, 7) uji coba skala besar 32 peserta didik kelas XI JB 3, 8) revisi produk, 9) produk akhir. Data pengembangan produk diperoleh dari tanggapan saran dan kritik ahli materi, ahli media, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 6 Yogyakarta dari bulan Januari-Juni 2016 semester II tahun ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pengembangan modul pengolahan dan penyajian hidangan penutup (dessert) kelas XI melalui tahap define yaitu menganalisis kebutuhan dengan observasi dan wawancara. Tahap design dilakukan perancangan dan pembuatan modul. Tahap develop dilakukan validasi instrumen oleh expert jugdment, selanjutnya validasi modul oleh ahli materi dan ahli media hingga uji coba skala kecil 9 orang peserta didik. Tahap Determinate penyebarluasan modul yang telah siap digunakan dan di uji coba kelayakan modul skala luas oleh 32 peserta didik. 2) Hasil penilaian ahli materi terhadap modul yang dikembangkan dengan rata-rata skor 2,6 dinyatakan “Layak”, penilaian ahli media terhadap modul dengan rata-rata skor 3,6 dinyatakan “Sangat Layak”, penilaian peserta didik sebagai pengguna modul dalam uji coba kelayakan modul skala kecil dengan rata-rata skor 3,2 dinyatakan “Sangat Layak” dan rata-rata skor untuk uji coba kelayakan skala luas adalah 3,3 dinyatakan “Sangat layak”. Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Hidangan Penutup (Dessert)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Dec 2016 02:32
Last Modified: 30 Jan 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44096

Actions (login required)

View Item View Item