PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MULTI MEDIA SMK N 2 YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER

Pramuditya, Agung Priambodo (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MULTI MEDIA SMK N 2 YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Pramuditya Agung P 14.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Perakitan Komputer Kelas X Multi Media di SMK N 2 Yogyakarta, (2) mengetahui metode pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer kelas X Multi Media di SMK N 2 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design (Pretes-Postes Kelompok yang Tidak Ekuivalen). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Multi Media semester genap tahun pelajaran 2015/ 2016 di SMK N 2 Yogyakarta, yaitu kelas X MM 1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas metode STAD dan kelas X MM 2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas metode NHT. Penelitian ini dilakukan dalam 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement dan untuk soal tes dianalisis butir soalnya dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembeda menggunakan perangkat lunak ITEMAN (Item and Test Analysis). Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas dan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda (Independent Sample T-Test) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan perangkat lunak SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Perakitan Komputer kelas X Multi Media di SMK N 2 Yogyakarta dengan perolehan rata-rata hasil belajar posttest kelas metode NHT sebesar 84,20 dan kelas metode STAD sebesar 79,60 dibuktikan dari hasil perhitungan Independent Sample T-Test yang menghasilkan nilai signifikansi Sig (2-tailed) sebesar 0,032 yang lebih kecil dari 0,05 dengan taraf signifikan 5%; (2) Hasil belajar siswa mata pelajaran Perakitan Komputer yang menggunakan metode kooperatif tipe NHT lebih baik daripada siswa yang menggunakan metode pembelajaran STAD, dibuktikan dari nilai rerata hasil posttest metode NHT lebih besar dari metode STAD. Kata Kunci: hasil belajar, Numbered Heads Together (NHT), Student Team Achievement Divisions (STAD), perakitan komputer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Dec 2016 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44088

Actions (login required)

View Item View Item