PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 TEMPEL PADA MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEAHLIAN MENGGUNAKAN PERALATAN, PERLENGKAPAN DAN ALAT UKUR DI TEMPAT KERJA

Perdananto, Kurniadi (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 TEMPEL PADA MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEAHLIAN MENGGUNAKAN PERALATAN, PERLENGKAPAN DAN ALAT UKUR DI TEMPAT KERJA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Perdananto Kurniadi 14.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran Dasar Kompetesi Keahlian menggunakan peralatan, perlengkapan dan Alat Ukur di tempat kerja, pada kelas X Teknik Kendaraan Ringan A SMK Muhammadiyah 2 Tempel, (2) Untuk mengetahui peningkatan minat siswa dengan menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran Dasar Kompetesi Keahlian menggunakan peralatan, perlengkapan dan Alat Ukur di tempat kerja, pada kelas X Teknik Kendaraan Ringan A SMK Muhammadiyah 2 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR semester genap tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dan pada setiap siklus dilakukan ulangan harian. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Penelitian ini diawali dengan observasi pra penelitian untuk mengetahui proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan untuk memperoleh data nilai siswa. Dalam proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model kooperatif tipe numbered heads together. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas X TKR A. hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa dan persentase siswa yang melampaui KKM sebagai berikut: pada pra tindakan nilai rata-rata siswa adalah 56 dan ketuntasan siswanya 12,9%. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,85 dan ketuntasan siswanya 57,14%. Pada siklus 2 nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 78,95 dan ketuntasan siswanya 75%. Pada siklus 3 nilai rata-rata siswa menjadi 79,8 dan ketuntasan siswanya menjadi 92,3%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperati tipe NHT dalam proses pembelajaran dapat meningkatan hasil belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa ≥80%. (2) penelitian ini menunjukkan peningkatan pada minat siswa kelas X TKR A. hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata minat siswa sebagai berikut: pada siklus 1 skor rata-rata minat siswa 0,77 dengan kategori lebih dari baik. Pada siklus 2 skor rata-rata siswa menjadi 0,772 dengan kategori lebih dari baik. Pada siklus 3 skor rata-rata siswa menjadi 0,804 dengan kategori lebih dari baik. Hal ini menunjukkan bahwa minat siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Kata Kunci: PTK, Numbered Heads Together, Hasil Belajar Kognitif, Minat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Dec 2016 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44085

Actions (login required)

View Item View Item