PROGRAM LINEAR FUZZY DENGAN KOEFISIEN TEKNIS BILANGAN FUZZY MENGGUNAKAN METODE FUZZY DECISIVE SET (Studi Kasus pada UD Firdaus Magelang)

Widiarsi, Neswin Indara (2016) PROGRAM LINEAR FUZZY DENGAN KOEFISIEN TEKNIS BILANGAN FUZZY MENGGUNAKAN METODE FUZZY DECISIVE SET (Studi Kasus pada UD Firdaus Magelang). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)

Abstract

Masalah optimasi dalam kehidupan sehari-hari terkadang tidak semuanya dapat dimodelkan dengan program linear. Masalah-masalah yang masih tidak pasti atas sumber daya baik dalam jumlah bahan baku, tenaga kerja, mesin dan peralatan, maupun jam kerja masih sering ditemui. Parameter model tidak dapat ditentukan secara tegas. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan program linear fuzzy dengan parameter model bilangan fuzzy. Penyelesaian masalah program linear fuzzy dilakukan (1) dengan membawa masalah ke bentuk program linear klasik dengan menentukan batas atas nilai fungsi serta nilai koefisien teknis. (2) mendefinisikan himpunan fuzzy goal dan himpunan fuzzy constraint untuk membentuk himpunan fuzzy decision yaitu irisan dari fuzzy goal dan fuzzy constraint. (3) solusi optimal pada fuzzy decision adalah elemen dengan nilai keanggotaan terbesar. Himpunan fuzzy decision adalah himpunan fuzzy non-konveks sehingga untuk mencari solusi optimal di dalamnya digunakan metode fuzzy decisive set. Masalah optimasi pada UD Firdaus Magelang untuk memaksimalkan keuntungan penjualan paving dan batako dengan kendala waktu pengadukan, pencetakan, dan pengeringan yang diselesaikan dengan program linear fuzzy dengan koefisien teknis bilangan fuzzy. Diperoleh solusi yaitu pengolahan batako sebanyak 5,6569 kali dan tanpa melakukan pengolahan paving dengan keuntungan penjualan sebesar 90511 rupiah. Kata kunci: Program linear fuzzy, bilangan fuzzy, metode fuzzy decisive set

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 01 Dec 2016 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44080

Actions (login required)

View Item View Item