IMPLEMENTASI PROGRAM YOUTH FORUM DALAM MEMPERJUANGKAN HAK PENDIDIKAN BAGI SISWI YANG MENGALAMI KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN DI YOGYAKARTA

Ramadhani, Fitri (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM YOUTH FORUM DALAM MEMPERJUANGKAN HAK PENDIDIKAN BAGI SISWI YANG MENGALAMI KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Fitri Ramadhani_12110241003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Youth Forum dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi anak yang mengalami kehamilan tidak diinginkan di Yogyakarta, untuk menggambarkan faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskripif kualitatif. Subjek penelitian orang yang terdiri dari anggota Youth Forum, Direktur Cabang PKBI, relawan, PE (Peer Educator). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisi dengan pendekatan kualitatif yang meliputi langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program Youth Forum di Yogyakarta memiliki beberapa program yang telah berjalan dalam memperjuangkan hak siswi yang mengalami KTD di Yogyakarta yaitu: memberikan pemahaman kesehatan reproduksi kepada remaja, PERUT (Pertemuan Rutin), Siaran Radio, Event, PE (Peer Educated), CO (Community Organizer), IYD (International Youth Day) yang terdapat di kota Yogyakarta agar menjaga diri dari pergaulan buruk yang dapat mengakibatkan terjadinya KTD di usia dini. Youth Forum merupakan mitra dari PKBI yang memiliki tujuan sama untuk memperjuangkan hak-hak remaja. Faktor pendukung terlaksananya program Youth Forum dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi anak KTD yaitu: pihak sekolah mampu bekerjasama dengan baik, puskesmas bekerjasama dengan Youth Forum untuk memperjuangkan petisi Youth Forum. Faktor penghambat yaitu: sekolah menolak memasukkan kurikulum kesehatan reproduksi di sekolah, guru tidak berani memperjuangkan KTD di sekolah dikarenakan pangkat guru tersebut sebagai taruhannya. Kata Kunci: hak pendidikan bagi siswi hamil, program Youth Forum, siswi mengalami kehamilan tidak diinginkan (KTD)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Dec 2016 01:50
Last Modified: 30 Jan 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44073

Actions (login required)

View Item View Item