PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNINGTERHADAP MOTIVASI BELAJAR NOTASI MUSIK SISWA SMP NEGERI 1 PIYUNGAN

Kurniawati, Novia (2016) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNINGTERHADAP MOTIVASI BELAJAR NOTASI MUSIK SISWA SMP NEGERI 1 PIYUNGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_Novia Kurniawati_Pendidikan Seni Musik_12208241053.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa kelas VIII antara yang menggunakan model discovery learning dengan model konvensional dalam pembelajaran notasi musik di SMP Negeri 1 Piyungan. Setelah mengetahui tingkat perbedaan motivasi antara kedua kelompok tersebut, maka diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memilih model pembelajaran yang tepat dalam menumbuhkan motivasi belajar notasi musik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen.Desain penelitian ini yaitu Pretest-Posttest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A-H SMP Negeri 1 Piyungan.Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis komparatif dengan uji beda atau uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan model discovery learning dengan model konvensional dalam pembelajaran notasi musik siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Piyungan. Hal tersebut dibuktikan dari perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa analisis pretest, nilai signifikansi atau p = 0.440 > 0.05. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Setelah diberikan perlakuan khusus kepada kelas eksperimen yaitu dengan diterapkannya discovery learning sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan khusus yaitu hanya menggunakan model konvensional seperti pada umumnya, analisis posttest didapatkan nilai signifikansi atau p = 0.320 > 0.05. Berdasarkan hasil analisis posttest tersebut, terlihat bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa antara penggunaan model discovery learning dengan model konvensional dalam pembelajaran notasi musik kelas VIII di SMP Negeri 1 Piyungan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 30 Nov 2016 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44052

Actions (login required)

View Item View Item