Pengaruh Metode Latihan Drill (Drill Sendiri dan Kerja Kelompok) dan Motivasi terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Passing Bawah Bolavoli Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMP di Dlingo Bantul.

Dwitama, Yohanes Danang Mahardika (2016) Pengaruh Metode Latihan Drill (Drill Sendiri dan Kerja Kelompok) dan Motivasi terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Passing Bawah Bolavoli Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMP di Dlingo Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yohanes-danang-mahardika-dwitama-13711251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan pengaruh metode latihan drill dan metode latihan kerja kelompok, (2) perbedaan motivasi tinggi dan motivasi rendah, dan (3) pengaruh interaksi antara metode latihan drill dan motivasi terhadap peningkatan keterampilan teknik dasar passing bawah bolavoli peserta ekstrakurikuler di bolavoli SMP di Dlingo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2, menggunakan tes awal dan tes akhir dengan dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah 24 siswa SMP N 1 Dlingo dan SMP N 2. Pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah Brumbach forearms pass wall-volley dengan realibilitas setinggi 0,896 dan koefisien validitas 0,80. Analisis data penelitian ini menggunakan ANAVA pada taraf signifikansi 5%. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov Test pada taraf signifikansi 5% dan uji homogenitas varians Levene Test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan drill sendiri dan latihan kerja kelompok terhadap peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli ekstrakurikuler SMP dengan p = 0,125 > 0,05. (2) Terdapat pengaruh perbedaan motivasi tinggi dan motivasi rendah terhadap peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli, dengan p = 0,000 < 0,05. (3) terdapat interaksi antara metode drill dan motivasi terhadap terhadap keterampilan passing bawah bolavoli, dengan p = 0,023 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode latihan drill, motivasi, passing, bola voli.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Nov 2016 03:47
Last Modified: 17 Jan 2022 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44023

Actions (login required)

View Item View Item