Peningkatan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penilaian Portofolio di SMA Negeri 1 Bambanglipuro

Sumarsih, Sri (2010) Peningkatan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penilaian Portofolio di SMA Negeri 1 Bambanglipuro. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-sumarsih-027325136.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan penilaian portofolio dalam keterampilan menulis, dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa dengan portofolio. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri I Bambanglipuro tahun ajaran 2007/2008, sedangkan objek yang diteliti adalah keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia secara khusus mengenai paragraf narasi, deskripsi, dan eksposisi. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, display data, dan penyimpulan. Langkah-langkah di dalam tahapan ketiga adalah (1) menganalisa catatan lapangan aktivitas guru dan siswa pada seluruh siklus secara bertahap, (2) melakukan perhitungan persentase penilaian terhadap kualitas hasil tulisan siswa pada seluruh siklus, dan (3) menganalisis angket yang diberikan pada siswa di akhir siklus untuk mengetahui seberapa besar manfaat penerapan penilaian portofolio terhadap peningkatan menulis siswa dengan memberikan persentase dari keseluruhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1), penerapan penilaian portofolio dalam keterampilan menulis dilakukan dengan cara memberikan gambaran awal, memberikan tugas menulis, dan kemudian secara bersama-sama antara guru dan murid melakukan penilaian dan pengkoreksian terhadap hasil kerja, serta melakukan bimbingan dan pendampingan langsung pada siswa dalam menjalankan proses menulis, dan (2), keterampilan menulis siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Bambanglipuro dalam pembelajaran bahasa Indonesia saat sebelum diadakan tindakan (pengamatan awal) adalah 62,56% dengan kategori cukup, siswa yang mencapai nilai dengan kategori minimal baik sebesar 29,41%. Setelah diadakan tindakan kelas, keterampilan menulis siswa dapat diketahui sebagai berikut: (1) tindakan siklus pertama, keterampilan menulis siswa adalah sebesar 78,61% dengan kategori baik. Siswa yang mencapai nilai dengan kategori baik sebesar 88,89%, (2) tindakan siklus kedua, keterampilan menulis siswa adalah sebesar 80,87% dengan kategori baik. Siswa yang mencapai nilai dengan kategori baik sebesar 88,89% dan (3) tindakan siklus ketiga, keterampilan menulis siswa adalah sebesar 88,90% dengan kategori baik. Siswa yang mencapai nilai dengan kategori baik sebesar 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan proses maupun hasil setelah diadakan tindakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, bahasa Indonesia, penilaian portofolio
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 02:11
Last Modified: 29 Jan 2019 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44018

Actions (login required)

View Item View Item