Evaluasi Program Pendidikan Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya (Menurut Persepsi Dosen dan Mahasiswa)

Hartati, Sri (2010) Evaluasi Program Pendidikan Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya (Menurut Persepsi Dosen dan Mahasiswa). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-hartati-027325077.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya mahasiswa dalam mencapai prestasi yang tinggi, kinerja dosen dalam memberi kuliah, pengelolaan sarana dan prasarana pendukung perkuliahan, serta dukungan atau gangguan lingkungan terhadap proses perkuliahan dan kegiatan belajar mahasiswa di jurusan teknik mesin Unesa. Subjek yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini terdiri atas 21 dosen dan 71 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak. Obyek yang dievaluasi adalah program pendidikan di jurusan teknik mesin Unesa. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP yang terdiri dari evaluasi konteks, masukan, proses, dan hasil. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif-kualitatif. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa upaya mahasiswa untuk mencapai prestasi ditunjukkan dari persepsi mahasiswa terhadap kehadiran kuliah diperoleh sebesar 80,5% dan mengerjakan tugas yang meliputi ketepatan mengerjakan tugas, ketepatan waktu menyerahkan tugas dan ketepatan memberi jawaban pada tugas masing-masing sebesar 80,2%; 78,8% dan 68,7% yang termasuk kategori baik dalam rentang 61%-80%. Kinerja dosen dalam mewujudkan proses perkuliahan diperoleh hasil persepsi mahasiswa sebesar 85,3% yang termasuk dalam kategori sangat baik (81%-100%). Untuk kualitas kelengkapan dan sarana pendukung perkuliahan menurut persepsi mahasiswa sebesar 78,2% dan persepsi dosen sebesar 74,7% yang termasuk dalam kategori baik. Pengelolahan sarana dan prasarana pendukung perkuliahan berdasarkan persepsi mahasiswa diperoleh 74,1% dan data dari persepsi dosen diperoleh 70,2% yang termasuk dalam kategori baik. Dukungan atau gangguan lingkungan terhadap proses perkuliahan dan kegiatan belajar mahasiswa ditinjau dari komponen input lingkungan yang meliputi suasana dalam kelas tenang dan menyenangkan, keikutsertaan mahasiswa atau dosen menciptakan suasana kelas agar proses perkuliahan berjalan lancar dan tingkat ketenangan belajar dikelas, berdasarkan persepsi mahasiswa masing-masing diperoleh 66,7% (kategori baik); 69,3% (kategori baik); dan 59,1% (kategori cukup). Sedangkan dari persepsi dosen masing-masing diperoleh 74,2%; 70,4%; dan 73,3% yang termasuk dalam kategori baik. Jika ditinjau dari komponen proses yang meliputi situasi kelas riuh tapi tertib, pembelajaran yang menyenangkan dan pembelajaran yang harmonis, dari persepsi mahasiswa masing-masing diperoleh 70,4%; 76,3% dan 77,7% termasuk dalam kategori baik (61%-80%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program pendidikan, persepsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 01:50
Last Modified: 29 Jan 2019 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44007

Actions (login required)

View Item View Item