PENGARUH PENGGUNAAN MODUL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN TEORI MATA PELAJARAN PRODUKTIF MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI

Leila Fajrie, A. N. F. A. (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN TEORI MATA PELAJARAN PRODUKTIF MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Leila Fajrie 14.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan perbedaan penggunaan modul pada tingkat pemahaman materi siswa yang menggunakan modul dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pembelajaran teori mata pelajaran produktif multimedia di SMK Muhammadiyah Wonosari; 2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung penggunaan modul dalam meningkatkan keefektifan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MM 1 (kelas eksperimen) dan siswa kelas X MM 2 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal pretest dan soal posttest. Teknik analisis data yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda(Uji-T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pemahaman siswa pada mata pelajaran produktif multimedia yang menggunakan modul dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional. Hal ini dilihat dari hasil Uji-T dengan taraf signifikasi 0,005, dimana 0,005 < 0,05. (2) Faktor pendukung yang dapat dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran dengan modul antara lain: a) motivasi siswa; b) kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran; c) dengan adanya setiap siswa mempunyai modul individu, pembelajaran berjalan optimal; d) soal latihan yang dalam modul melatih siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman. Faktor penghambat yang timbul dalam pelaksanaannya yaitu: a) pembelajaran dengan modul membutuhkan tingkat kedisiplinan yang tinggi; b) siswa mengalami kesulitan dalam peralihan pembelajaran konvensional ke pembelajaran modul; c) menyiapkan modul yang baik membutuhkan waktu yang banyak dan keahlian yang memadai; d) administrasi pembuatan modul membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Kata Kunci : modul, produktif multimedia, pemahaman materi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Nov 2016 08:06
Last Modified: 30 Jan 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44006

Actions (login required)

View Item View Item