PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KALKULUS DI KELAS XI SMA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013

Pritianto, Denny (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KALKULUS DI KELAS XI SMA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013. S1 thesis, UNY.

[img] Text
_HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kalkulus dengan pendekatan saintifik Kurikulum 2013 yang berkualitas baik, berdasarkan aspek: (1) kevalidan, (2) kepraktisan, dan (3) keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Proses pengembangan melibatkan dua validator dari dosen matematika dan guru mata pelajaran. Implementasi dilakukan pada 50 siswa di SMA Negeri 1 Depok, Sleman. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar penilaian kevalidan RPP dan LKS, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respons siswa, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dilakukan dengan mengkonversi skor kuantitatif ke dalam kategori-kategori, kemudian dideskripsikan. Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman materi dengan pendekatan ilmiah. Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasi. Karakteristik pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah berorientasi pada proses yang melibatkan aktifitas siswa dalam mengkonstruksi konsep dan pengetahuan. Peran guru adalah sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran kalkulus dengan pendekatan saintifik Kurikulum 2013 untuk kelas XI semester genap yang terdiri dari RPP dan LKS. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran berdasarkan penilaian validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor untuk RPP dan LKS berturut turut 257 (sangat valid) dan 201 (sangat valid). Kualitas kepraktisan RPP diukur dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan keterlaksanaan 92,11% (sangat praktis). Sedangkan kualitas kepraktisan LKS diukur dari angket respons siswa dengan skor 65,84 (praktis). Baik RPP dan LKS keduanya telah memenuhi kriteria kepraktisan. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif dengan persentase ketuntasan 84% (efektif) dengan rata-rata skor hasil belajar 80,1. . Kata kunci: perangkat pembelajaran, kalkulus, pendekatan saintifik, kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 29 Nov 2016 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44003

Actions (login required)

View Item View Item