PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Furqoni, Tejo (2016) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
02 BAB 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 BAB 2.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 BAB 3.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[img]
Preview
Text
07 Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
01 Halaman Judul - Daftar Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan kualitas instrumen evaluasi yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi aritmetika dan aljabar sederhana. Kualitas instrumen evaluasi dinilai berdasarkan validitas dan reliabilitas. Penelitian pengembangan instrumen evaluasi ini menggunakan model Research and Development (R&D) yang meliputi 9 langkah, yaitu: (1) menentukan tujuan pengembangan; (2) menentukan cakupan materi; (3) menentukan indikator instrumen; (4) menyusun butir instrumen; (5) validasi isi; (6) revisi berdasarkan masukan validator; (7) uji coba instrumen; (8) analisis hasil uji coba; dan (9) merakit instrumen. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar penilaian untuk ahli, kisi-kisi soal, lembar soal, lembar kunci jawaban dan panduan penskoran. Penelitian dilaksanakan di kelas XI kelompok matematika dan ilmu alam (MIA) 2, 3, 4, 6, dan 7 di SMA N 1 Boyolali. Berdasarkan hasil penghitungan koefisien validitas isi menggunakan indeks Aiken dan validitas konstruk menggunakan analisis faktor, diperoleh bahwa instrumen evaluasi memiliki kriteria validitas yang cukup. Dari hasil uji coba soal matematika, diperoleh nilai rata-rata indeks kesukaran sebesar 0,465 yang termasuk kategori sedang. Soal matematika hasil pengembangan memiliki indeks daya beda sebesar 0,838 dengan kriteria sangat baik. Nilai koefisien reliabilitas soal matematika adalah 0,417 dengan kriteria cukup. Dengan demikian, produk yang dikembangkan memenuhi kriteria instrumen evaluasi yang baik dan dapat mengukur kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: soal matematika, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 29 Nov 2016 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44002

Actions (login required)

View Item View Item