Anisa, Septi (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PELUANG SMK BIDANG KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN KELAS XI SEMESTER 2 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (460kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) | Preview |
|
![]() |
Text
halaman cover.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN A.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN B.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN C Penilaian Siswa 1.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN C Penilaian Siswa 2.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN C Penilaian Siswa 3.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN C.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN D.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN E.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
![]() |
Text
RPP 1.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
|
![]() |
Text
RPP 2.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
|
![]() |
Text
RPP 3.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
|
![]() |
Text
RPP 4.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
![]() |
Text
cover.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
|
![]() |
Text
hal identitas.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) |
|
![]() |
Text
Kata Pengantar.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
![]() |
Text
LKS 1 Kaidah Pencacahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
LKS 2 Permutasi dan Kombinasi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
LKS 3 Peluang.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi peluang untuk SMK bidang keahlian Bisnis dan Manajemen kelas XI semester 2 untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, and evaluation. Kegiatan pada tahap analysis berupa analisis kebutuhan, analisis kurikulum, serta analisis karakteristik siswa. Tahap design meliputi kegiatan perancangan draft RPP dan LKS, penyusunan sistematika LKS, serta penyusunan instrumen penilaian RPP dan LKS. Selain itu, pada tahap ini juga dilakukan pemilihan referensi untuk pengembangan LKS. Kegiatan pada tahap development meliputi kegiatan pengembangan RPP dan LKS sesuai draft yang telah disusun pada tahap sebelumnya, penilaian RPP dan LKS, serta revisi RPP dan LKS sesuai saran para ahli. Pada tahap implementation berisi kegiatan ujicoba terbatas RPP dan LKS dalam pembelajaran materi peluang di SMK YPKK 2 Sleman. Pada tahap evaluation dilakukan kegiatan evaluasi terhadap RPP dan LKS yang telah diujicobakan berdasarkan saran guru dan siswa. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan sebagai berikut. (1) RPP dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4,48 dari skor maksimal 5. (2) LKS dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4,07 dari skor maksimal 5. (3) Perangkat yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari rata-rata presentase keterlaksanaan pada lembar observasi sebesar 92,59 % dan rata-rata skor lembar penilaian siswa sebesar 4,21 dari skor maksimal 5. (4) Perangkat yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hal ini terlihat dari nilai tes kemampuan pemecahan masalah yang memperoleh presentase ketuntasan 71,42% serta adanya peningkatan skor rata-rata dari nilai pretest sebesar 67,82 ke nilai posttest sebesar 77,54. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Peluang
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 01:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |