Penerapan Manajemen Pembelajaran Musik Vokal Menggunakan Alat Musik Melodis untuk Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pleret Bantul

Khusniati, Siti (2011) Penerapan Manajemen Pembelajaran Musik Vokal Menggunakan Alat Musik Melodis untuk Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pleret Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-khusniyati-027325098.swf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas proses pembelajaran musik vokal pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pleret dengan menggunakan alat musik melodis ditinjau dari spek manajemen, agar memperoleh hasil yang optimal. Di samping itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran musik vokal yang dapat digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasi hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan pendekatan patisipatif model Kemis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus dengan langkah perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi setiap siklus. Subjek penelitian adalah kelas VII B SMP Negeri 1 Pleret yang terdiri empat puluh siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara, dan dokumen. Analisis data secara kualitatif menggunakan teknik analisis komparatif yaitu membandingkan nilai hasil belajar sebelum tindakan dengan nilai hasil belajar sesudah tindakan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian melalui telaah siklus menunjukkan bahwa penggunaan alat musik melodis dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan pengamatan kolaborator terhadap guru dalam melaksanakan proses pembelajaran khususnya aspek manajemen pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, sampai evaluasi mengalami peningkatan. Dari 24 indikator pada siklus pertama yang mencapai skor baik 20 dan baik sekali 2 indikator, siklus kedua 18 baik, baik sekali 6 indikator, siklus ketiga 15 baik, baik sekali 9 indikator. Pada pelaksanan pembelajaran sebelum tindakan, siswa pasif dan hasilnya sangat kurang, nilai rata-rata keaktifan 65. Setelah pelaksanaan tindakan siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga meningkat dengan nilai rata-rata 75,45. Pada aspek ketepatan nada (intonasi), sebelum tindakan nilai rata-rata 63,1, setelah tindakan siklus ketiga meningkat dengan nilai rata-rata mencapai 73,625. Pada aspek irama, sebelum tindakan nilai rata-rata 69,575, setelah tindakan siklus ketiga nilai rata-rata 74,1. Pada siklus ketiga prestasi hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara keseluruhan. Ketika wawancara dengan kolaborator dan para siswa, mereka memberikan dukungan posistif terhadap pembelajaran vokal menggunakan alat musik. Dengan penggunaan alat musik melodis pada manajemen pembelajaran vokal, proses pembelajaran lebih lancar, para siswa menjadi lebih senang, termotivasi, aktif, bersemangat dan percaya diri, sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, musik vokal, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2016 10:51
Last Modified: 29 Jan 2019 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43996

Actions (login required)

View Item View Item