Manajemen Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Berbah Kabupaten Sleman

Chalimah, Siti (2010) Manajemen Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Berbah Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-chalimah-07703259006.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru untuk dapat meningkatkan pembelajaran IPA; (2) pengorganisasian pembelajaran IPA yang dilakukan guru untuk dapat meningkatkan pembelajaran IPA; (3) pelaksanaan pembelajaran IPA yang dilaksanakan guru IPA; (4) evaluasi yang dilaksanakan guru IPA untuk dapat meningkatkan pembelajaran IPA. Populasi penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa SMP Negeri 1 Berbah Sleman, sampel kepala sekolah, 3 orang guru IPA, dan 3 kelas siswa, kelas IXA, IXB, dan IXC SMP N 1 Berbah Sleman. Dipilihnya sekolah tersebut sebagai tempat penelitian karena (1) sekolah ini sebagai pusat kelompok kerja (pokja) SMP se wilayah kecamatan Berbah; (2) sekolah tersebut dijadikan sebagai barometer keberhasilan pembelajaran sekolah di sekitarnya. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dalam bentuk naturalistik. Alasan digunakannya metode naturalistik dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) dapat mengungkap pengetahuan tak terkatakan, yaitu perilaku subjek penelitian yang dapat diamati seperti perhatian, ketekunan, keseriusan dalam melaksanakan dan mengikuti pembelajaran; (2) menawarkan pengambilan sampel secara purposive, pengambilan sampel sesuai dengan kriteria yang ditentukan; (3) mampu mengungkap hubungan yang wajar antara peneliti dengan responden, karena metode ini lebih intensif dan adaptif terhadap peran berbagai pengaruh timbal balik; (4) penelitian ini ingin mengungkap perilaku manusia dalam konteks natural atau alamiah, yaitu konteks kebulatan atau menyeluruh. Teknik pengumpulan data: (1) pengamatan; (2) wawancara; (3) analisis dokumen. Teknik analisis data: (1) mengembangkan kategori; (2) pengkodean; (3) pola analisis model interaktif. Responden 1 orang kepala sekolah, 3 orang guru IPA, dan 3 kelas siswa kelas IX di SMP N 1 Berbah. Kegiatan perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, program semester, analisis butir soal, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan agenda kegiatan. Pengorganisasian atau pengelolaan kelas guru-guru IPA di SMP N1 Berbah sudah menguasai. Pelaksanaan pembelajaran awal kegiatan selalu dibuka dengan motivasi, kegiatan inti dengan metode eksperimen kelompok, atau demonstrasi jika alat-alat laboratoriumnya terbatas, kegiatan akhir merupakan rangkuman dan kesimpulan dari kegiatan inti, pemberian tugas atau pekerjaan rumah untuk pertemuan berikutnya. Penilaian melalui tes ada 2 macam, tes tertulis dan tes lisan. Untuk nilai rata-rata ujian nasional (UN) ada peningkatan yang signifikan selama empat tahun terakhir terlihat sbb: tahun 2005/2006 nilai 6,61; tahun 2006/2007 nilai 6,62; tahun 2007/2008 nilai 6,05; dan tahun 2008/2009 nilai 6,66.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 28 Nov 2016 04:59
Last Modified: 28 Nov 2016 04:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43989

Actions (login required)

View Item View Item