STUDI KASUS PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI DI TK ISLAM PELANGI ANAK NEGERI UMBULHARJO YOGYAKARTA

Harum Annisatul, Imamah (2016) STUDI KASUS PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI DI TK ISLAM PELANGI ANAK NEGERI UMBULHARJO YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Harum Annisatul Imamah_12111244010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran inklusi, yang terdiri atas: (1) perencanaan pembelajaran TK inklusi, (2) pelaksanaan pembelajaran TK inklusi, (3) evaluasi pembelajaran TK inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu 1 kepala sekolah, 6 guru, dan 99 peserta didik. Objek penelitian yang diambil adalah proses pembelajaran TK inklusi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi deskripsi dan partisipasi, wawancara terstruktur dan mendalam, serta dokumentasi gambar. Analisis data menggunakan model alir yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi metode dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran untuk ABK dan reguler berdasarkan Kurikulum 2013, PROMES, RPPM, RPPH dan subtema yang digunakan sama. (2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan dengan urutan kegiatan pembuka, inti, istirahat, dan penutup. Kegiatan pembelajaran ABK dan reguler menggunakan metode yang sama, tetapi isi materi disesuai kebutuhan dan masing-masing anak. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, pembiasaan, pemberian tugas. Media yang digunakan adalah a) media visual yaitu gambar dan LKA, b) audio-visual yaitu televisi, serta c) media lain sesuai kegiatan. (3) Evaluasi perkembangan anak dilakukan di awal dan akhir semester, a) Evaluasi perkembangan anak di tahun ajaran baru menggunakan tes sidik jari, yang bertujuan untuk mengetahui bakat, minat, kemampuan, serta hambatan perkembangan anak, sehingga pada proses pembelajaran sekolah dapat menyesuaikan dengan masing-masing kebutuhan anak. b) Evaluasi perkembangan anak di akhir semester menggunakan raport. Raport didapat dari deskripsi tumbuh kembang dan unjuk kerja anak, yang diambil dengan menggunakan teknik penilaian hasil karya, catatan anekdot, penugasan, dan observasi. Raport berisikan deskripsi tumbuh kembang anak dalam proses kegiatan pembelajaran berlangsung selama satu semester. Kata kunci: Studi kasus, proses pembelajaran inklusi, TK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2016 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43971

Actions (login required)

View Item View Item