PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN

KHAULAH, KHAULAH (2014) PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Program Praktik Lapangan (PPL) merupakan program untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Calon tenaga pendidik harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi social seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang empat kompetensi yang harus ada pada guru dan dosen. Praktek mengajar dilaksanakan sebanyak 14 kali pertemuan dengan, terdiri dari 10 kali pertemuan terbimbing dan 4 kali pertemuan mandiri. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan diawali dari melakukan, observasi, persiapan mengajar dan pelaksanaan. Pelaksanaan mengajar harus disertai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan di sekolah yaitu KTSP, karena baru menjalani masa transisi antara KTSP dengan kurikulum 2013 dan guru juga bersamaan dengan adanya program PPL baru menjalani diklat kurikulum 2013 sehingga belum bisa diterapkan. Penilaian dan bimbingan praktik mengajar diberikan langsung oleh guru kelas yang telah dikoordinir sebelumnya oleh koordinator lapangan. Dalam pelaksanaanya PPL merupakan program yang bermanfaat bagi mahasiswa calon pendidik untuk mempersiapkan diri menjadi generasi pendidik selanjutnya yang sudah memiliki bekal praktik pengalaman mengajar. Sehingga menjadikan mahasiswa memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Nov 2016 00:07
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43964

Actions (login required)

View Item View Item