PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 SEBAGAI MEDIA PENULISAN AKSÅRÅ RÉKAN DAN AKSÅRÅ SWÅRÅ UNTUK SISWA SMP NEGERI 2 WATES KELAS VII C

Ratnaningrum, Dyah Ayu (2012) PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 SEBAGAI MEDIA PENULISAN AKSÅRÅ RÉKAN DAN AKSÅRÅ SWÅRÅ UNTUK SISWA SMP NEGERI 2 WATES KELAS VII C. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dyah Ayu Ratnaningrum 08205244008.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian pengembangan media. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas dan efektivitas media pada penulisan aksårå Jåwå khususnya aksårå rékan dan aksårå swårå yang dikembangkan dengan aplikasi Macromedia Flash Professional 8. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan melalui lima tahap, yaitu (1) tahap analisis berupa analisis kurikulum dan analisis karakteristik peserta didik, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap validasi dan uji coba, dan (5) tahap akhir produk. Produk media pembelajaran diuji kelayakan oleh dosen ahli media dan dosen ahli materi. Setelah dilakukan revisi, maka dinyatakan media layak untuk diujicobakan. Tahap selanjutnya dilakukan penilaian oleh guru bahasa Jawa dan dilakukan uji coba terhadap tanggapan siswa. Uji coba tanggapan siswa dilakukan pada siswa kelas VII C pada SMP Negeri 2 Wates, Kabupaten Kulon Progo yang terdiri atas 32 siswa yang diakhiri dengan evaluasi untuk mengetahui Kriteria Ketuntasan Minimal siswa terhadap materi yang ada dalam media pembelajaran tersebut. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kelayakan media interaktif aksårå rékan dan aksårå swårå untuk siswa SMP kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penilaian kualitas media pembelajaran oleh dosen ahli media terdiri atas dua aspek, yaitu aspek tampilan dijabarkan dalam sepuluh indikator dan aspek pemrograman dijabarkan dalam sembilan indikator dengan hasil penilaian memperoleh rata-rata persentase sebesar 84% termasuk dalam kategori sangat baik, (2) penilaian kualitas media pembelajaran oleh dosen ahli materi terdiri atas sepuluh indikator penilaian memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 89% termasuk dalam kategori sangat baik, (3) penilaian oleh guru bahasa Jawa terdiri atas dua aspek, yaitu aspek kesesuaian antara konsep dan kompetensi serta aspek kualitas tampilan memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 88% termasuk dalam kategori sangat baik, dan (4) hasil angket tanggapan siswa terhadap media pembelajaran aksårå rékan dan aksårå swårå terdiri atas empat aspek, yaitu aspek kemudahan dalam pemahaman, aspek kemandirian dalam belajar, aspek penyajian media, dan aspek kemudahan pengoperasian memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 86% termasuk dalam kategori sangat setuju. Persentase ketuntasan siswa dalam mengerjakan soal evaluasi mencapai 66%, dapat dikatakan bahwa media yang dikembangkan dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dalam memahami materi aksårå rékan dan aksårå swårå.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, macromedia flash professional 8, penulisan, aksara rekan, aksara swara
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 24 Nov 2016 04:24
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43934

Actions (login required)

View Item View Item