PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JAWA MENGGUNAKAN MEDIA KARIKATUR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN

Listyaningrum, Wara (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JAWA MENGGUNAKAN MEDIA KARIKATUR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wara Listyaningrum 08205244073.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jawa menggunakan media karikatur siswa kelas X Program Studi Akuntansi 3 (AK 3) SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten. Media karikatur pada umumnya bukan sekedar gambaran nyata, melainkan gambaran yang merefleksikan kondisi asosiatif sehingga dapat memunculkan imajinasi siswa yang dapat dituangkan dalam bentuk sebuah karangan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan kegiatan (acting), pengamatan (observating), refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif. Pada penelitian ini, subjek penelitian dalam tes menulis adalah siswa kelas X AK 3 SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jawa menggunakan media karikatur. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara dengan guru bahasa Jawa yang bersangkutan, observasi, angket siswa, dokumentasi berupa foto, catatan lapangan, dan hasil tes menulis siswa. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif yang mencakup analisis proses dan hasil dengan membandingkan hasil nilai siswa dari pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini validitas demokratik, validitas hasil, dan validitas proses. Reliabilitas dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil yang diperoleh dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan media karikatur dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jawa siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa saat pratindakan hingga siklus III. Nilai rata-rata pada pratindakan sebesar 44,36%, nilai rata-rata siklus I sebesar 60,13%, nilai rata-rata siklus II sebesar 70,69%, nilai rata-rata siklus III sebesar 79,19%. Siswa juga dapat menyelesaikan tugas menulis karangan dengan tepat waktu, mengetahui ejaan-ejaan bahasa Jawa dan letak tanda baca yang benar, menguasai kosakata bahasa Jawa, dapat lebih mengenal kebudayaan Jawa, dan siswa dapat menuangkan imajinasinya ke dalam sebuah karangan dengan mudah. Berdasarkan peningkatan nilai rata-rata tersebut dapat dinyatakan bahwa media karikatur dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jawa siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, menulis, deskripsi, media karikatur
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 24 Nov 2016 02:46
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43930

Actions (login required)

View Item View Item