PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2

Rizal, Afif (2016) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Video
GAME EDUKASI - Special Maths Olympiad.exe
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game edukasi matematika dengan pendekatan guided discovery pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII semester 2 dan mendeskripsikan kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis sekolah, dan analisis teknologi. Tahap desain meliputi penyusunan materi dan soal-soal latihan, RPP, GBIM game, skenario game, bagan game, storyboard, dan instrumen penelitian. Tahap pengembangan game menggunakan software Macromedia Flash 8. Tahap implementasi meliputi uji coba game edukasi dan melakukan tes evaluasi hasil belajar. Tahap evaluasi dilakukan pada setiap tahap pengembangan game secara menyeluruh. Berdasarkan hasil penilaian oleh dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru matematika, aspek kevalidan game edukasi yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor keseluruhan 3,92 dari skor maksimal 5 dan termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil dari angket respon siswa, aspek kepraktisan game edukasi yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan skor keseluruhan 3,92 dari skor maksimal 5 dan termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil tes evaluasi hasil belajar, persentase ketuntasan yang diperoleh adalah 47,8% dan termasuk dalam kategori sangat kurang. Dari hasil evaluasi, diketahui bahwa kemungkinan penyebab dari permasalahan yang peneliti temukan tersebut adalah kegiatan siswa yang lebih cenderung pada bermain daripada belajar, sehingga sikap inquiry (mencari-temukan) dan kemampuan problem solving siswa belum terasah secara optimal. Kemungkinan penyebab lain adalah langkah verbalisasi yang belum muncul karena keterbatasan dari software yang digunakan dan langkah latihan soal yang dimunculkan tidak bertahap. Dengan demikian game edukasi yang dikembangkan belum memenuhi kualitas efektif saat diterapkan pada 23 siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Sleman dikarenakan beberapa masalah yang peneliti temukan. Kata kunci: game edukasi, pendekatan guided discovery, bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 29 Nov 2016 01:05
Last Modified: 30 Jan 2019 11:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43916

Actions (login required)

View Item View Item