KENDALA-KENDALA TIDAK DIMANFAATKANNYA SUMBER SEJARAH BERUPA BUKU-BUKU BERBAHASA BELANDA DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Susanta, Bintoro (2016) KENDALA-KENDALA TIDAK DIMANFAATKANNYA SUMBER SEJARAH BERUPA BUKU-BUKU BERBAHASA BELANDA DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11406241019.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Yogyakarta karena tidak dimanfaatkannya buku-buku berbahasa Belanda. Penelitan ini bertujuan 1) mengetahui kendala-kendala tidak dimanfaatkannya buku-buku berbahasa Belanda yang ada. 2) Dampak dari tidak dimanfaatkannya buku-buku berbahasa Belanda. 3) Usaha-usaha pemanfaatan buku-buku berbahasa Belanda yang ada di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Triangulasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Huberman dan Miles terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan: 1) Kendala-kendala tidak dimanfaatkannya buku-buku berbahasa Belanda adalah tidak ada yang menguasai bahasa Belanda, buku-buku berbahasa Belanda tidak terdata, tidak ada tenaga ahli, tidak amannya buku-buku berbahasa Belanda, pemahaman memerlukan waktu yang lama, buku-buku berbahasa Belanda dianggap tidak relevan; 2) Dampak tidak dimanfaatkannya buku-buku berbahasa Belanda adalah belum termanfaatkan, isi buku-buku tidak dimengerti, siswa hanya sebatas tertarik. 3) Usaha-usaha pemanfaatan buku-buku adalah bisa diakses, dipamerkan, dipelihara, dan ada kerjasama dengan pihak dari luar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa banyak kendala-kendala yang menyebabkan sulitnya pemanfaatan buku-buku berbahasa Belanda. Kesulitan tersebut menyebabkan kebermanfaatan buku-buku tersebut belum ada. Perlu adanya ruang untuk pengkajian dan pemberdayaan buku-buku tersebut agar lebih memiliki daya guna. Kata kunci: Kendala-kendala, kualitatif, buku-buku berbahasa Belanda .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 24 Nov 2016 00:34
Last Modified: 30 Jan 2019 11:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43915

Actions (login required)

View Item View Item