Sumbangan Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Proses Belajar Mengajar dan Ketersediaan Fasilitas/Sarana Prasarana Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMK Negeri dan Swasta Program Keahlian Akuntansi Se-Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2006/2007

Rubiyati, Rubiyati (2010) Sumbangan Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Proses Belajar Mengajar dan Ketersediaan Fasilitas/Sarana Prasarana Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMK Negeri dan Swasta Program Keahlian Akuntansi Se-Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2006/2007. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rubiyati-04703254015.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumbangan pengelolaan sumber daya manusia, proses belajar mengajar dan ketersediaan fasilitas/sarana dan prasarana terhadap pelaksanaan KTSP baik di SMK Negeri maupun Swasta Program Keahlian Akuntansi Se-Kabupaten Sleman. Populasi penelitian ini adalah semua SMK baik Negeri maupun Swasta Program Keahlian Akuntansi yang berjumlah 16. Sampel penelitian ini adalah 3 sekolah negeri dan 3 sekolah swasta beserta gurunya. Dengan teknik Cluster, Proporsional dan Random Sampling terpilih 3 sekolah negeri yaitu SMKN I Godean dengan jumlah guru 19, SMKN I Tempel dengan jumlah guru 16, SMKN I Depok dengan jumlah guru 16. Untuk SMK Swasta terpilih SMK YPKK I Sleman dengan jumlah guru 15, SMK YPKK 2 Sleman dengan jumlah guru 13 dan SMK YPKK 3 Sleman dengan jumlah guru 11 menurut tabel Krejcie dengan taraf signifikasi 5%. Pendekatan penelitian adalah secara deskriptif kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi regresi. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa pengelolaan Sumber Daya Manusia di SMK baik Negeri maupun Swasta berada dalam kategori sangat baik, proses belajar mengajar di SMK baik Negeri maupun Swasta berada dalam kondisi sangat baik, ketersediaan fasilitas/sarana dan prasarana di SMK Negeri berada dalam kondisi sangat baik sedangkan di SMK Swasta berada dalam kondisi cukup, pelaksanaan KTSP baik di SMK Negeri maupun Swasta berada dalam kondisi sangat baik. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa ada sumbangan pengelolaan SDM terhadap efektifitas pelaksanaan KTSP di SMK Negeri dengan nilai t = 2,656 p=0,011 dan di SMK Swasta dengan nilai t=3,878 p=0,00. Ada sumbangan proses belajar mengajar terhadap efektifitas pelaksanaan KTSP di SMK Negeri dengan nilai t= 2,720 p=0,009 , di SMK Swasta dengan nilai t= 4,576 p=0,00. Ada sumbangan ketersediaan fasilitas/sarana dan prasarana terhadap efektifitas pelaksanaan KTSP di SMK Negeri dengan nilai t= 2,682 p=0,009, di SMK Swasta nilai t=3,665 p=0,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada sumbangan pengelolaan Sumber Daya Manusia terhadap pelaksanaan KTSP di SMK Negeri dan Swasta, ada sumbangan proses belajar mengajar terhadap pelaksanaan KTSP di SMK Negeri dan Swasta, ada sumbangan ketersediaan fasilitas/sarana dan prasarana terhadap pelaksanaan KTSP di SMK Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sumber daya manusia, proses belajar mengajar, sarana prasarana, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2016 10:30
Last Modified: 29 Jan 2019 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43905

Actions (login required)

View Item View Item