Pengaruh Nilai-Nilai Karakter terhadap Prestasi Belajar di SDIT Salman Al Farisi dan SDIT Salman Al Farisi 2.

Irjanti, Rosaria (2016) Pengaruh Nilai-Nilai Karakter terhadap Prestasi Belajar di SDIT Salman Al Farisi dan SDIT Salman Al Farisi 2. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rosaria-irjanti-14731251003.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai-nilai karakter terhadap prestasi belajar peserta didik di SDIT Salman Al Farisi dan SDIT Salman Al Farisi 2. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri atas peserta didik kelas 4 hingga 6 di SDIT Salman Al Farisi dan SDIT Salman Al Farisi 2 yang ditentukan dengan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan nilai rapor. Analisis deskriptif dengan menggunakan kategorisasi dilakukan untuk menggambarkan karakter yang tampak pada peserta didik. Analisis inferensi dilakukan untuk melihat pengaruh nilai-nilai karakter dengan prestasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan. Karakter disiplin peserta didik di SDIT Salman Al Farisi dan SDIT Salman Al Farisi 2 mendapatkan nilai rata-rata tertinggi, sedangkan karakter percaya diri berada pada nilai rata-rata paling rendah. Peserta didik memiliki karakter toleransi berada pada kategorisasi tinggi yang dominan dibanding nilai karakter taat beribadah, bersyukur, jujur, disiplin, sopan santun, dan percaya diri. Nilai-nilai karakter memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Dari beberapa karakter yang diteliti, karakter disiplin memiliki pengaruh signifikan pada prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, nilai karakter, prestasi belajar
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Nov 2016 08:08
Last Modified: 09 May 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43897

Actions (login required)

View Item View Item