Efektifitas Discovery Learning dan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Ditinjau dari Keterpaan Media Elektronik Siswa SMA Negeri di Ngada Nusa Tenggara Timur.

Meo, Stefania Octaviana (2016) Efektifitas Discovery Learning dan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Ditinjau dari Keterpaan Media Elektronik Siswa SMA Negeri di Ngada Nusa Tenggara Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-m-ihsan-ramadhani-14712251027.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan model Discovery Learning (DL) dan Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik, ditinjau dari keterpaan media elektronik, serta mengetahui interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan keterpaan media elektronik terhadap hasil belajar geografi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang dilaksanakan Kabupaten Ngada, dengan sampel siswa SMA Negeri I Bajawa dan SMA Negeri I Golewa yang dipilih dengan teknik simpel random sampling. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar geografi, variabel bebasnya adalah model pembelajaran DL dan PBL dan variabel kontrolnya adalah keterpaan media elektronik. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS4 SMA Negeri I Bajawa dengan perlakuan model DL dan kelas XI IPS3 SMA Negeri I Golewa dengan perlakuan model PBL. Desain eksperimen yang digunakan adalah faktorial 2x2. Instrumen pengumpulan data berupa angket untuk mengetahui tingkat keterpaan media elektronik dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Instrumen penelitian divalidasi secara logis oleh para ahli dan secara empirik melalui uji coba pada kelas yang setara. Reliabilitas instrumen dihitung dengan Alfa Cronbach. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini membuktikan bahwa (i) model Discovery Learning lebih efektif jika dibandingkan dengan model Problem-Based Learning dengan nilai rata-rata 72 > 63 taraf signifikan 0,00. (ii) Hasil belajar dengan keterpaan media elektonik tinggi lebih baik daripada hasil belajar dengan ketepaan media elektronik rendah. (iii) Hasil belajar peserta didik dengan keterpaan media massa elektronik tinggi pada model Discovery Learning lebih baik dari pada model Problem Based Learning. (iv) Hasil belajar peserta didik dengan keterpaan media massa elektronik rendah pada model Discovery Learning lebih baik dari pada model Problem Based Learning. (v) Terdapat pengaruh model pembelajaran dan keterpaan media elektronik terhadap hasil belajar geografi dengan taraf signifikan 0,027 dan Fo 5,169 > Ft 3,164.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Problem- Based learning, media elektronik.
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Nov 2016 07:17
Last Modified: 09 May 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43895

Actions (login required)

View Item View Item