PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK PADA SISWA KELAS X D SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Mahardika, Raditya (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK PADA SISWA KELAS X D SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi FIX.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen menggunakan model sinektik berbantuan media film pendek pada siswa kelas X D SMA Negeri 1 Piyungan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas X D SMA Negeri 1 Piyungan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi tindakan di lokasi penelitian dibagi dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dalam 2 pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media film pendek berjudul “Say Hello to Yellow” yang disutradarai oleh B.W Purbanegara. Siklus II juga dilakukan sebanyak 2 pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media film pendek berjudul “Voila”. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, angket, pedoman wawancara, dan tes tulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif, statistik deskriptif, dan analisis hasil skor menulis cerpen siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara proses terdapat peningkatan pelaksanaan proses pembelajaran pada keaktifan siswa selama pembelajaran. Siswa terlihat aktif dan interaktif dalam mengajukan pertanyaan seputar pembelajaran kepada guru, dan guru menjawab pertanyaan secara lugas dan jelas. Siswa antusias dan bersemangat dalam memperhatikan penjelasan guru, serta secara sungguh- sungguh mengerjakan penugasan yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat diketahui melalui pengamatan yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Sementara itu, peningkatan produk dapat diketahui dari peningkatan hasil produk sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata siswa hanya mencapai angka 64,10. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69. Pada siklus II, skor perolehan nilai rata-rata ksseluruhan siswa mencapai angka 78,23.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 23 Nov 2016 09:11
Last Modified: 30 Jan 2019 11:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43890

Actions (login required)

View Item View Item